Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Synaptic di Ubuntu

 Synaptic Ubuntu

Apa Kegunaan Synaptic di Ubuntu ?

Synaptic Package Manager (sering disebut Synaptic saja) adalah GUI front-end untuk manajemen paket di Debian. Synaptic adalah perwakilan terhadap program apt dan dpkg. Dengan menggunakan Synaptic, Anda sebenarnya menggunakan apt dan dpkg juga, hanya saja dengan Synaptic lebih mudah karena aksi dilakukan dengan klik tombol. Dengan Synaptic Anda bisa melakukan yang bisa dilakukan dengan apt dan dpkg secara manual, seperti menyetel sumber repositori, mencari, menginstal, menghapus, dan meng-upgrade.

Installasi Synaptic

Apabila Synaptic Package Manager belum terinstal di distribusi GNU/Linux Anda, maka Anda bisa menginstalnya dengan baris perintah:

sudo apt-get install synaptic

Synaptic bisa ditemukan di menu utama desktop Anda setelah dia diinstal. Misalnya di GNOME, buka menu (Win) lalu ketik “synaptic” lalu klik ikon Synaptic yang muncul. Anda akan diminta memasukkan password untuk membukanya.

Synaptic Ubuntu

untuk membuka Synaptic dari baris perintah, maka perintahnya:

synaptic-pkexec

1. Menggunakan Pertama

Anggap Anda baru pertama kali menggunakan Synaptic. Maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:


  1. Buka menu Tools > Repositories > tab Ubuntu Software.
  2. Centang komponen repositori yang Anda inginkan dan pilih server cermin mana yang Anda inginkan. Contohnya: centang main restricted multiverse universe maka mengaktifkan keempat komponen repositori; pilih server cermin Kambing UI mengarahkan segala unduhan ke Indonesia (tidak ke luar negeri).
  3. Close. 
  4. Klik tombol Reload di tool bar Synaptic.
  5. Biarkan Synaptic mengunduh “peta repositori” dari setiap centangan dan pilihan yang baru dilakukan. 

Penjelasan: yang Anda lakukan di atas sebetulnya adalah menyetel /etc/apt/sources.list (langkah 1 sampai 3) kemudian melakukan baris perintah sudo apt-get update (langkah 4). Hanya saja, di Synaptic semua aksi dilakukan secara GUI. Penggunaan pertama ini mengharuskan OS Anda tersambung ke jaringan internet karena Synaptic harus memperoleh peta repositori itu dari server di internet.

Synaptic Ubuntu

2. Reload

Tombol Reload yang ada di tool bar itu fungsinya untuk mengunduh “peta repositori” dari setelan repositori-repositori yang Anda telah tentukan. Pengunduhan peta repositori ini bertujuan ganda, pertama memberi tahu APT ke mana harus mengunduh paket dan kedua memberi tahu APT apabila terdapat pembaruan dari repositori yang dituju. Aksi Reload ini tidak akan menginstal paket. Aksi Reload ini sama dengan baris perintah sudo apt-get update.


Penggunaan: lakukan Reload di setiap kali Anda melakukan perubahan terhadap sources.list atau melakukan bagian 1. Menggunakan Pertama di atas.

Synaptic Ubutntu

3. Instal

Cara menginstal paket dengan Synaptic adalah sebagai berikut:


  1. Cari nama paket yang hendak diinstal. 
  2. Klik kanal pada nama paket > Mark for installation
  3. Bila Synaptic menemukan lebih dari satu paket akan diinstal, sebuah jendela akan muncul memberi tahu nama paket yang hendak diinstal dan nama-nama paket dependensinya. Setujui saja. 
  4. Nama paket yang akan diinstal akan tampak bertanda panah kuning di jendela utama. 
  5. Klik tombol Apply di tool bar. 
  6. Jendela dialog baru akan menayangkan daftar nama-nama paket yang mau diinstal dan total ukurannya. Untuk menginstal, tekan tombol Apply. 
  7. Jendela baru akan menayangkan prosesi pengunduhan paket beserta kecepatan transfer jaringan di setiap paket yang diunduh.
  8. Jendela baru akan muncul setelah seluruh unduhan selesai menayangkan progress bar dengan jendela hitam (konsol) menayangkan prosesi kerja dpkg menginstali satu per satu paket yang telah diunduh. 
  9. Jika jendela tersebut menyatakan instalasi selesai, maka instalasi selesai. 

Synaptic Ubuntu

4. Hapus

Untuk menghapus (uninstall) suatu paket, ikuti langkah berikut:


  1. Cari nama paket yang hendak dihapus. 
  2. Klik kanan nama paket > Mark for removal
  3. Tekan tombol Apply di tool bar. 
  4. Jendela baru muncul menayangkan daftar nama paket yang hendak dihapus. Perhatikan bahwa pada beberapa jenis paket, jumlah yang dihapus bisa lebih dari satu. Setujui saja. 
  5. Jendela baru muncul menayangkan proses penghapusan. 
Synaptic Ubuntu

5. Upgrade

Untuk meng-upgrade suatu paket tertentu (bukan keseluruhan paket di dalam sistem) ikuti langkah berikut:


  1. Cari nama paket yang mau di-upgrade. Caranya klik tombol Status (kiri bawah) lalu klik pilihan “Installed (upgradable)” (kiri atas) lalu cari nama paket yang ada di jendela tengah. 
  2. Klik kanan nama paket > Mark for Upgrade
  3. Tekan tombol Apply di tool bar.
Synaptic Ubuntu


Posting Komentar untuk "Kegunaan Synaptic di Ubuntu"